Minggu, 25 Desember 2011

TIPS KESELAMATAN SAAT TERJADI ANGIN KENCANG/RIBUT

          Efek merusak yang ditimbulkan oleh angin kencang dipengaruhi oleh kecepatan angin, lamanya angin berhembus dan luas area dari angin tersebut. Semakin cepat hembusan angin maka semakin hebat efek kerusakan yang ditimbulkan, semakin lama angin kencang berlangsung maka semakin parah juga kerusakan yang terjadi. Angin kencang/angin ribut akan bergerak dengan kecepatan 36 -54 Km/jam dan berlangsung lebih dari 30 menit atau bahkan 1 hari, angin putting beliung adalah angin dengan kecepatan 54 -72 Km/jam dengan durasi yang sangat singkat (3-5 menit), angin tornado adalah pusaran angin yang bergerak dengan kecepatan 177 Km/jam (beberapa tornado mencapai kecepatan 300 – 480 km/jam), angin topan adalah pusaran angin yang bergerak dengan kecepatan 120 Km/jam atau lebih. Nah kecepatan angin itulah yang dapat menimbulkan efek merusak terhadap benda apapun yang dilalui olehnya.

Efek angin kencang / static.republika.co.id
          Angin besar memiliki potensi untuk menyebabkan jatuhnya pohon, tiang listrik dan tanda-tanda seperti iklan reklame dan sejenisnya, yang dapat mengubah benda menjadi proyektil berbahaya dalam arti benda tidak bergerak dapat menjadi benda bergerak dengan kecepatan tertentu / tinggi dan dapat mencelakai anda. Tercantum di bawah ini adalah beberapa tips yang perlu diingat saat melihat angin kencang (Badai).

Jika Anda berada di luar selama angin kencang :
  1. Berlindung di samping bangunan atau di bawah tempat penampungan yang aman.
  2. Berdiri jauh dari jalan raya,rel kereta api,tepi tebing/bungunan tinggi atau tepi kolam karena tiupan mungkin membuat anda terlempar ke tengah jalan raya, terjatuh dari tebing/bangunan tinggi
  3. Gunakan pegangan tangan jika tersedia, dan hindari berada di posisi tinggi seperti atap/balkon.
  4. Perhatikan benda yang terbang seperti puing-puing, lembaran seng, potongan kayu runcing atau serpihan kaca, karena benda terbang ini dapat membunuh anda. Tungkai / dahan pohon bisa patah dan rambu jalan bisa terlepas selama angin kencang dan bisa jadi sebuah tiang listrik tumbang dan menimpa anda.
  5. Hindari apapun yang mungkin dapat tumbang/roboh, termasuk kendaraan, cabang-cabang pohon atau tiang.
  6. Jika ada kabel listrik putus dan jatuh pada mobil anda, tetap tinggal di dalam kendaraan. Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh bagian manapun dari kerangka logam kendaraan anda. Bunyikan klakson anda, dan turunkan jendela mobil ke bawah untuk memperingatkan orang-orang akan bahaya. Mintalah seseorang untuk memanggil polisi. Jangan keluar mobil sampai bantuan tiba, kecuali terbakar. Untuk keluar, bukalah pintu tapi jangan langsung keluar, perhatikan dulu gerak anda untuk tidak menyentuh salah satu bagian logam dari eksterior mobil, dan segera pergi ke lokasi yang aman.

Potongan kayu dan seng yang diterbangkan oleh angin tornado /
environment.nationalgeographic.com & nesec.org

Jika anda mengemudi, Hal yang terbaik apabila terjadi angin kencang adalah “tidak mengemudi", 
Mobil tertimpa pohon roboh/ tribunnews.com
akan tetapi berikut ada beberapa tips yang dapat anda lakukan apabila tiba-tiba anda terjebak dalam situasi tersebut.
  1. Tetap kedua tangan di stir dan kemudikan dengan perlahan, dan waspada terhadap kemungkinan pohon tumbang yang dapat menimpa anda.
  2. Perhatikan objek yang terbang karena angin kencang, di seberang jalan atau yang masuk ke jalur anda
  3. Jaga jarak aman dari mobil di jalur yang berdekatan, karena hembusan yang kuat dapat mendorong mobil keluar jalur kearah lalulintas yang berlawanan.
  4. Lebih berhati-hatilah dalam kendaraan profil tinggi seperti truk, van, SUV, atau trailer (truk besar), karena kendaraan tersebut lebih rentan terhadap dorongan angin atau terbalik karena hembusan angin yang kencang.
  5. Jika angin cukup membahayakan untuk berkendara dengan aman, menepilah ke bahu jalan dan berhenti, dan pastikan bahwa mobil atau kendaraan anda jauh dari pohon, reklame atau benda tinggi lain yang dapat tumbang dan menimpa kendaraan anda.

Dalam kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat sebaiknya tunda semua acara yang memungkinkan untuk ditunda (tidak urgent banget). Karena perjalanan dalam kondisi cuaca buruk dapat meningkatkan resiko untuk terjadinya kecelakaan. Jangan sampai hal itu menimpa kita dan keluarga, karena keluarga yang lengkap adalah element penting penunjang semangat kehidupan kita. Tips lainnya: keselamatan bila terjadi badai petir

Salam Safety Untuk Anda dan Keluarga Anda Dirumah

Sumber : G4S_HSE_employee_Notification_Weather warnings














2 komentar :

  1. wah mantep banget tipsnya keren banget deh

    BalasHapus
  2. Makasih ya, jadi gak takut lagi angin kencang,, hehe

    Berkunjung ke blog kawan. Salam kenal ya

    Selamat tahun baru 2012, mari kita buat Resolusi baru.
    CucuHermawan.com

    BalasHapus