Rabu, 22 Desember 2010

Pekerjaan listrik dirumah

Bismillah

OK..untuk pekerjaan listrik dirumah kita tidak bisa terlalu idealis mengenai safety regulation ataupun tool standard, disini kita tekankan dimana kita bisa melaksanakan pekerjaan itu dengan selamat dan aman. Karena  kondisi ekonomi setiap orang berbeda mungkin beberapa orang akan kesulitan untuk membeli tool yang standard electrical work.
Pertama-tama sebelum saudara melakukan pekerjaan perbaikan listrik dirumah sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Kemampuan saudara untuk pekerjaan listrik, jika anda kurang paham mengenai listrik sebaiknya memanggil teknisi listrik saja.
  2. Kondisi apakah memungkinkan untuk melakukan pekerjaan itu
  3. Saat anda akan melukan perbaikan sebaiknya anda mematikan seluruh instalasi listrik dirumah anda
  4. Yakinkan semua peralatan anda terisolasi dengan baik
  5. Yakinkan anda menggunakan APD (alat pelindung diri) yang baik dan benar
Saya rasa cukup 5 hal itu saja yang perlu diperhatikan oleh saudara apa bila akan melukan pekerjaan listrik dirumah (kalo diperusahaan akan lain lagi..he..he..he)
Kita bahas satu persatu dulu
  • Apabila anda sudah yakin dengan kemampuan anda maka silahkan perbaiki instalasi listrik dirumah anda, pertama saudara harus memperkirakan penyebab kerusakan, jangan sampai terjadi kasus yang mati bola lampunya tapi yang anda perbaiki sakelarnya gak nyambung deh,.... Jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh putusnya kabel, sehingga menyebabkan anda harus naik keatas plafon/wuwungan rumah maka : carilah bantuan karena anda butuh teman yang selalu setia menunggu dan memantau dibawah saat anda berada diatas wuwungan/plafon (buat jaga-jaga jika anda tiba-tiba pingsan paling tidak ada yang bantuin cari pertolongan). Bukalah manhole/jalan masuk ke plafon dan tunggu 10-15 menit baru anda boleh masuk ke plafon. Kondisi manhole/jalan masuk harus selalu dalam keadaan terbuka, kalo bisa beberapa gentengnya dibuka untuk menambah penerangan dan ventialsi udara. Jangan masuk plafon jika tercium bau tidak sedap. Siapkan tangga yang tingginya mencukupi, letakkan tangga diposisi yang aman dan stabil tangga yang ideal seperti gambar dibawah ini (akan tetapi tidak mutlak...soalnya dirumah bukan ditempat kerja) suruh rekan anda memegangi tangga disaat anda turun-naik tangga, Oh iya jangan lupa tangganya dikasih alas yang tidak licin untuk mencegah tangga tergelincir.
  • Menginjak ke hal yang lain yaitu kondisi, Kondisi yang saya maksud disini yaitu cuaca jangan memperbaiki instalasi listrik saat cuaca sedang hujan. Jangan memperbaiki listrik saat ada acara keluarga dirumah (bisa di omelin sama istri entar..he..he..he)
  • Mematikan aliran listrik adalah wajib hukumnya bagi anda yang akan memperbaiki  listrik, perlu diingat setelah dimatikan jangan sampai ada orang yang menyalakan listrik tanpa sepengetahuan anda karena hal itu sangat berbahaya bagi keselamatan anda, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya informasikan  kepada seluruh anggota keluarga kalau anda akan memperbaiki listrik. Pasanglah Tag Out / informasi yang diletakkan di  KWH meter /sakelar agar tidak dinyalakan oleh orang lain. Perlu diperhatikan apabila anda menggunakan 1 KWH meter untuk beberapa rumah (biasanya rumah didesa), akan sangat berbahaya bila anda tidak memasang Tag Out di KWH, karena kemungkinan ada orang lain yang menyalakan tanpa sepengetahuan anda., dibawah ini contoh Tag Out di Perusahaan
Inti dari Tag Out yaitu :
  1. Mudah dilihat
  2. Terikat kuat
  3. Berisi Informasi minimal : DILARANG DINYALAKAN DALAM PERBAIKAN, Nama Yang meletakkan Tag Out
Bahan dan format tidak mutlak seperti gambar diatas, bisa dibuat dari kertas dan ditempelkan dengan isolasi yang kuat tidak masalah, asalkan Tag Out tidak mudah terbang terbawa angin, dan mudah terlihat
JANGAN LUPA SELALU Periksa ujung kabel dengan tespen sebelum anda menyentuhnya.....
  • Alat-alat / tool yang anda pakai semuanya harus terisolasi dengan baik, tang, obeng, cutter, dan lainnya kalo memang ada isolasi dari alat yang rusak maka tambahkanlah selotip (bila terpaksa, lagi bokek buat beli tool baru). Pastikan alat-alat yang anda pakai tidak dalam kondisi basah, karena percuma isolasi alat baik tapi basah akan tetap menghantarkan listrik.

  • Gunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang layak, misalkan sarung tangan (bila ada), sepatu (bila ada), sendal (harus), baju (harus), celana (harus). Ingat semua APD tidak boleh basah Harus kering
Demikian Tips dari saya semoga bermanfaat, bila ada yang menambahkan silahkan

  

Tidak ada komentar :

Posting Komentar